Distributor

Tips Membersihkan Lantai Vinyl

Tips Membersihkan Lantai Vinyl

Tips Membersihkan Lantai Vinyl dan Cara Merawatnya

Tips membersihkan karpet vinyl dan Seni interior rumah memang tidak ada habisnya. Termasuk dalam pemilihan lantai. Bicara soal lantai, era modern seperti sekarang ini banyak sekali jenis material pelapis lantai yang bisa dipilih sesuai selera dan budget tentunya. Salah satu yang mulai sering dilirik adalah lantai vinyl. Untuk tahu lebih banyak tentang jenis serta tips membersihkan lantai vinyl dan cara merawatnya, pastikan Anda membaca artikel ini sampai tuntas.

Kenali Tentang Apa Itu Lantai Vinyl

Lantai Vinyl adalah material pelapis lantai yang terbuat dari bahan Poly vinyl Chloride (PVC) dengan desain motif yang menyerupai jenis pelapis lantai lainnya, seperti motif serat kayu, bebatuan, marmer, bahkan motif custom 3 dimensi. Tekstur permukaannya mengkilap, halus, serta empuk ketika dipijak.

Kekhasan lantai vinyl juga dapat dilihat dari sifatnya yang elastis. Kelenturan tersebut memudahkan kita dalam pengaplikasian pada bidang yang bagaimanapun. Bahkan saking praktisnya, pemasangan lantai vinyl tak memerlukan biaya terlalu besar. Sebagian pengguna malah bisa memasang sendiri di hunian mereka. Sangat mungkin menghemat anggaran pembangunan rumah, kantor, atau gedung dengan penggunaan lantai vinyl ini.

Tips Membersihkan Lantai Vinyl yang Benar

Selain memberi kemudahan dalam pemasangan, dari segi perawatan pun tidak terlalu sulit. Bila dibandingkan dengan lantai kayu, cara merawat lantai vinyl jelas lebih mudah. Hal itu dikarenakan Polyvinyl Chloride termasuk bahan yang cukup tahan terhadap air. Maka tak heran jika lantai vinyl juga bisa diaplikasikan pada kamar mandi.

Walau cara merawat lantai vinyl terbilang mudah, namun tetap diperlukan kehati- hatian. Perlakuan yang salah ketika membersihkan dapat membuat masa pakainya berkurang dan kilapnya memudar. Supaya lantai vinyl di rumah Anda senantiasa mulus seperti baru, ikuti cara membersihkan lantai vinyl berikut ini.

  1. Sapu Lantai Setiap Hari

Menyapu lantai berguna untuk membersihkan kotoran-kotoran yang bersifat kering seperti debu, rambut, remah-remah makanan, kertas, dan benda-benda lain yang dapat dikategorikan sebagai sampah. Selain untuk kebersihan, menyapu lantai merupakan upaya untuk meminimalisasi terjadinya gesekan benda dengan kaki yang dapat menyebabkan permukaan lantai jadi tergores-gores.

Sapu Lantai Setiap HariSapu seluruh permukaan lantai hingga benar-benar bersih, termasuk pada bagian- bagian yang sulit dijangkau atau jarang terperhatikan seperti kolong ranjang atau celah antara lemari dan dinding. Debu atau kotoran-kotoran mikro seperti bangkai serangga, telur semut, dan remah makanan yang dibawa semut paling banyak ditemukan pada bagian-bagian tersebut. Bila dibiarkan terlalu lama dapat meninggalkan noda yang cukup sulit dibersihkan

  1. Sedot Kotoran Dengan Vacuum Cleaner

Cara atau tips membersihkan lantai vinyl juga bisa dengan menggunakan mesin penyedot debu/kotoran yang dikenal dengan istilah vacuum cleaner. Cara ini bagus diterapkan sebelum lantai dipel. Vacuum cleaner bekerja lebih efektif menyingkirkan partikel debu terkecil sekalipun lebih dari apa yang dapat dilakukan oleh sapu. Apalagi saat ini vacuum cleaner tersedia dalam berbagai model yang dapat memungkinkan alat bekerja pada tempat-tempat yang sulit dijangkau sekalipun. Agar vacuum cleaner dapat bekerja lebih maksimal, gunakan mode bare floor atau matikan mode beater bar.

Sedot Kotoran dengan Vacum Cleaner

  1. Pel Lantai Dengan Cairan Pembersih Dengan Kandungan Bahan Kimia Ringan

Sebagaimana lantai pada umumnya, lantai vinyl juga perlu dipel setiap hari atau minimal 2hari sekali. Lantai termasuk tempat yang paling disenangi kuman dan bakteri. Oleh sebab itu, lantai perlu dibersihkan dengan cairan pembersih. Hanya saja, hati-hati dalam penggunaancairan pembersih untuk lantai vinyl. Pilihlah sabun pembersih dengan kandungan kimia ringan.

Lantas bagaimana cara kita membedakan antara cairan pembersih lantai berbahan kimia ringan dengan keras? Cara yang paling mudah ialah dengan mengendus aromanya. Cairan pembersih lantai ringan dapat dikenali dari aromanya yang lembut dan menyegarkan, seperti aroma buah- buahan atau bunga. Cairan pembersih lantai seperti ini memang kurang andal menghilangkan noda membandel, tapi cukup aman digunakan setiap hari tanpa merusak tekstur permukaan lantai.

Pell Lantai Setiap HariSedangkan cairan pembersih lantai dengan kandungan kimia keras memiliki aroma yang tajam seperti karbol. Bahkan jika dituang secara samar kita dapat melihat gasnya keluar. Kemampuannya merontokkan kotoran membandel memang tidak perlu diragukan. Tetapi sifat abrasive dari kandungan kimia yang dimilikinya jelas dapat membuat permukaan lantai vinyl mengelupas.

  1. Gunakan Baby Oil Atau Minyak Zaitun Untuk Menghilangkan Goresan Pada Permukaan Lantai

Lantai rentan sekali terhadap gesekan, baik itu dari tumit sepatu, perabotan, hingga mainan anak-anak. Untuk menyiasati goresan pada lantai bisa dengan menggunakan baby oil atau minyak zaitun. Caranya, tuangkan minyak pada kain halus lalu gosok pelan-pelan bagian yang tergores. Cara ini cukup efektif untuk goresan halus atau tidak terlalu dalam. Namun, jika goresan cukup banyak dan parah, tak ada cara lagi selain mengganti lantai vinyl dengan yang baru.

  1. Atasi Lantai Kusam Dengan Larutan Cuka

Kilap lantai vinyl turut dipengaruhi oleh usia pemakaian. Bagaimanapun, lambat laun lantai vinyl akan mengusam. Namun, tentu kita tidak ingin masalah tersebut datang terlalu dini akibat salah perawatan. Agar lantai vinyl tetap tampak mengkilap, gunakan larutan cuka saat membersihkan lantai. Cairan cuka mengandung zat asam yang mampu mengangkat jejak noda pada lantai dan menjadikannya tampak lebih mengkilap.

  1. Segera Keringkan Air Yang Tumpah

Jangan biarkan lantai tergenang air. Walaupun beberapa tipe lantai vinyl berani air, namun untuk pemakaian jangka lantai harus tetap dalam kondisi kering. Air yang menggenang terlalu lama dapat membuat permukaan lantai vinyl lebih cepat mengerut. Itulah sebabnya lantai vinyl lebih dianjurkan untuk kamar mandi kering saja ketimbang basah.

Nah, itulah beberapa tips membersihkan lantai vinyl dan cara merawatnya. Apabila anda sependapat dengan kami, Maka pengetahuan ini akan sangat bermanfaat jika Anda berkenan untuk membagikanntya kepada teman teman yang lainnya. Untuk informasi mengenai harga lantai vinyl terbaru , silahkan lihat pada postingan kami sebelumnya di Harga Vinyl Lantai Per Roll