Distributor

Lantai Homogeneous vs Heterogeneous Sheet

Ini Bedanya Antara Lantai Homogeneous Vs Heterogeneous Sheet

Lantai vinyl merupakan jenis produk lantai yang tahan lama dan dapat dijangkau dari segi harga. Bisa bertahan lama, kuat dan tidak membutuhkan perawatan khusus membuat lantai jenis ini menjadi populer. Tak heran jika lima tahun belakangan ini banyak bangunan yang lebih memilih jenis lantai ini. Lantai vinyl sendiri terdiri dari dua kaegori yakni lantai homogeneous vs heterogeneous sheet. Kedua jenis lantai ini dapat menjadi pertimbangan dengan kelebihan yang dimiliki masing-masing jenis lantai.

Ditengah tantangan yang dihadapi saat ini, sejumlah produsen lantai tidak hanya bersaing dalam meningkatkan konstribusi penjualan. Meskipun sulit rasanya namun untuk memenuhi kebutuhan pasar, lantai yang dihadirkan tetap memiliki kelebihan dengan daya saing yang sangat tinggi. Tidak terkecuali baik jenis homogen maupun kategori lantai heterogen. Lalu apasih yang menjadi perbedaan kedua jenis lantai ini..? Mari simak penjelasan singkat dari kami berikut ini sebelum menentukan jenis lantai apa yang lebih cocok untuk kebutuhan Anda.

Homogeneous Sheet Vinyl Flooring

Lantai homogenous sheet merupakan jenis lantai yang memiliki material dengan kualitas sama dari permukaan sampai ketebalan di keseluruhan lantai. Jadi jenis lantai yang satu ini sama dari permukaan sampai ke bawah. Letak perbedaan lantai homogeneous vs heterogeneous sheet berada di lapisan atau layer material pembentuk lantai. Bisa dibilang lantai homogeneous memiliki struktur single-layer atau mono-layer.

Homogeneous SheetSatu lapisan yang membentuk lantai vinyl homogen membuat memiliki warna yang dalam dan meriah. Material yang membentuk jenis lantai ini biasanya berasal dari partikel PVC (polyvinyl chloride) dengan warna beragam melalui proses khusus. Ini biasanya juga memiliki pola yang sama. Hanya ada dua tipe dari pola yang dimiliki yaitu pola bunga tidak langsung dan pola langsung atau polos.

Memiliki struktur satu lapis atau mono layer, warna di lantai homogen mengalir ke seluruh bagian. Fitur ini membuatnya memiliki fungsi peremajaan. Goresan kecil dapat dikelupas oleh penggiling, dipoles, dan diperbaiki, serta di-wax ulang seperti baru. Peremajaan ini tidak dapat dilakukan pada lantai heterogen.

Dari segi keamanan untuk risiko kebakaran, lantai homogen cenderung lebih baik dari heterogen. Ini disebabkan karena lantai homogen mengandung bubuk batuan yang lebih tinggi sehingga lebih tahan terhadap api. Selain itu untuk aspek lekukan juga cenderung baik.
Medistep Allroad - Homogeneous Sheet

Berbagai kelebihan yang dimiliki oleh lantai homogen memang terlihat membuatnya lebih baik dari jenis lainnya. Lantai homogen vs heterogen sheet sebenarnya tidak selalu dimenangkan oleh lantai homogen, tergantung dari fitur mana yang ingin ditonjolkan.

Heterogeneous Sheet Vinyl Flooring

Heterogeneous sheet vinyl flooring merupakan jenis lantai vinyl yang memiliki banyak lapisan atau multiple layers. Biasanya dari atas ke bawah akan ada sekitar 5 lapisan yang membentuk lantai jenis ini. Lapisan tersebut bisa terdiri dari pelapis UV, lapisan keausan, lapisan pencetakan, lapisan serat kaca, dan lapisan pendukung busa. Ketahanan ausnya berada pada lapisan tahan aus yang dimiliki jenis lantai ini.

Kekuatan lapHeterogeneous Sheetisan keausan atau wear layer bisa dilihat dari tebal lapisan tersebut. Tebal wear layer 0.7 mm seperti lg medistep unstudio merupakan salah satu ketebalan terbaik untuk daya tahan yang lebih lama. Dari segi desain, lantai heterogen bisa dibilang bisa lebih bervariasi daripada lantai homogen. Ini karena terdiri dari beberapa lapisan, sehingga pada lapisan atas bisa lebih mudah diubah warna dan polanya.

Pola desain untuk lantai jenis ini bisa bervariasi misalnya pola kayu, batu, karpet, dan pola lainnya. Bisa dibilang dari segi desain lantai homogeneous vs heterogenous sheet maka lantai heterogen yang menang. Ini karena memiliki pola desain warna yang lebih banyak. Pada lantai homogen, perubahan pola warna berarti mengubah keseluruhan produk lantai tersebut karena hanya terdiri dari satu lapisan saja. Jika ingin mengganti pola berarti harus membuat yang baru dan itu bukan proses yang instan.

Medistep Unstudio Heterogeneous SheetPerbedaan homogeneous dan heterogeneous juga dapat dilihat dari proses produksinya. Secara umum harga produksi untuk lantai homogeneous lima kali lebih besar dari jenis lantai heterogen. Jadi tak heran jika selama ini harga lantai vinyl homogeneous cenderung lebih mahal.

Dari segi ketahanan terhadap api, lantai heterogen memang cenderung tidak lebih baik dari lantai homogen. Namun dari segi penyerapan suara, lantai heterogen memiliki efek penyerapan yang lebih baik. Ini karena lantai jenis ini mengandung lapisan busa sehingga bisa menyerap suara lebih baik.

Aplikasi Lantai Homogeneous Sheet Dan Heterogeneous Sheet

Lantai vinyl menjadi salah satu produk lantai populer dalam beberapa tahun terakhir. Harga lantai homogenous dan heterogenous juga cenderung lebih murah dibandingkan dengan produk lantai lainnya. Keunggulan lain yaitu lantai dari vinyl tahan lama, rendah perawatan, anti gores, dan fitur-fitur lainnya tergantung dari spesifikasi produk. Jenis lantai vinyl sendiri cukup beragam dari segi aplikasi, ada yang direkomendasikan untuk arena olahraga, rumah sakit, komersial, dan ada yang lebih cocok untuk kebutuhan rumah tinggal.

Untuk tipe lantai homogeneous karena kelebihannya yang anti aus dan anti api maka cocok digunakan untuk tempat industrial. Spesifikasinya yang cukup baik untuk keamanan tempat membuatnya cocok untuk bangunan seperti rumah sakit, pendidikan, klinik, dan lain-lain. Pada produk lantai homogen yang berkualitas tinggi, ada banyak kelebihan yang bisa didapat misalnya emisi rendah dan ramah lingkungan.

Jika lantai homogen lebih cocok untuk bangunan yang butuh keamanan tinggi, maka lantai heterogen lebih cocok untuk rumah tinggal. Kelebihannya yaitu pilihan warna yang lebih bervariasi daripada lantai homogen. Lantai homogen juga punya kelebihan dalam variasi ketebalan yang bisa dipilih. Ini sering digunakan pada area dengan tingkat kelembapan tinggi seperti dapur dan kamar mandi.

Lantai heterogen menjadi pilihan yang baik untuk rumah apalagi jika ada anak-anak dan hewan peliharaan. Kelebihan lainnya berupa performa akustik yang bisa juga diaplikasikan pada dinding. Di area basah, seperti tempat cuci, shower, dan kolam renang, lantai jenis ini sangat nyaman untuk berjalan. Jika tempatnya hanya membutuhkan spesifikasi lantai heterogen, maka tak ada salahnya menggunakan jenis lantai ini untuk kegiatan komersial.

Memilih Lantai Homogeneous Sheet Vs Heterogeneous Sheet

Memilih jenis lantai vinyl bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Masalah budget bisa jadi pertimbangan pemilik bangunan namun spesifikasi lantai dan kebutuhannya harus menjadi pertimbangan utama. Lantai vinyl sendiri bisa terbagi menjadi lantai homogeneous dan heterogen yang memiliki keunggulan masing-masing. Jika untuk kebutuhan rumah sakit misalnya maka lantai homogeneous lebih direkomendasikan karena lebih aman untuk kegiatan di fasilitas kesehatan.

Saat ini banyak produsen yang menjual produk lantai vinyl seperti Gerflor dan LG Hausys. Sebelum membeli produk ada baiknya untuk lebih dulu memeriksa spesifikasinya. Bertanya langsung pada pihak distributor juga bisa dilakukan agar mendapatkan informasi langsung dari ahli yang sudah berpengalaman.